RESUME PSIKOLOGI UMUM

RESUME PSIKOLOGI UMUM

Pengampu : DR.H.Y.Padmono,M.Pd.

Drs.Muh.Chamdani


Disusun Oleh:

Ika Yuliastuti (K7109098)

Kelas/Kelompok : 1A/8


PROGRAM S1 PGSD KAMPUS VI KEBUMEN

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA

2009

Diri adalah sesuatu yang mengetahui dan diketahui, sesuatu yang mengamati dan diamati. Sehingga pada dasarnya diri meliputi kesadaran diri dan pengungkapan diri. Didalam diri melibatkan kepercayaan, sikap, perasaan dan cita-cita.

Setiap diri memiliki bakat tertentu. Bakat merupakan kemampuan bawaan yaitu potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih. Terdapat berbagai jenis bakat seperti kemampuan intelelek umum, akademik khusus, psikomotorik, dll. Perwujudan dari bakat adalah prestasi. Bakat sangat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu intra individual dan ekstra individual.

Disamping bakat setiap diri individu juga memiliki perasaan dan emosi. Perasaan adalah suatu keadaan kerohanian atau peristiwa kejiwaan yang kita alami dengan senang atau tidak senang dalam hubungan dengan peristiwa mengenal dan bersifat subjektif. Sedangkan emosi adalah kecenderungan untuk memilikiperasaan yang khas bila berhadapan dengan objek tertentu dalam lingkungannya. Perasaan dipengaruhi oleh jiwa seseorang sedangkan emosi selain timbul dari dalam jiwa juga karena terpengaruh oleh suasana lingkungan yang dialami oleh seseorang.

Perasaan dan emosi seseorang itu dipengaruhi oleh persepsi, sensasi, kognisi, dan fantasi. Persepsi adalah cara mengartikan suatu hal yang baru kita temui untuk kelangsungan komunikasi yang efektif. Sensasi adalah penerimaan stimulus melewati alat indra yang belum sampai menghsilkan hal yang nyata. Sedangkan kognisi merupakan cara manusia memberikan arti pada sebuah rangsangan. Jika fantasi adalah kemampuan jiwa untuk membentuk tanggapan-tanggapan atau bayangan-bayangan baru. Dan ingatan dapat diartikan sebagai hubungan antara pengalaman dan masa lampau.

Semua peristiwa diatas dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan seseorang. Kecerdasan sebagai kemampuan untuk memproses informasi sehingga masalah-masalah yang kita hadapi dapat dipecahkan dan dengan demikian pengetahuan pun bertambah. Dan kecerdasan adalah pemandu bagi kita untuk mencapai sasaran secara aktif. Kecerdasan merupakan suatu kemampuan untuk memahami informasi yang membentuk pengetahuan dan kesadaran.

Dalam kehidupan sehari-hari seseorang juga memiliki konsep diri dan penyesuaian diri. Konsep diri merupakan pandangan diri dalam maupun dari luar individu yang berlangsung relative lama dan didasarkan pada pengalaman individu secara situsional maupun dari interaksi dengan orang lain. Faktor pembentuknya yaitu penilaian diri seseorang (individu), dan peran dari suatu kelompok tertentu.

Sikap merupakan sesuatu yang mendukung proses penyesuaian diri. Sikap adalah kesiapan untuk bereaksi yang memiliki komponen kognitif,afektif, dan konatif yang saling berinteraksi dalam memahami, merasakan dan berperilaku terhadap suatu objek. Pembentukan dalam perubahan sikap dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern pribadi individu.

Sikap seseorang akan mencerminkan kepribadian orang tersebut. Kepribadian adalah keesluruhan sikap dalam tingkah laku yang menunjukan cirri-ciri khas pribadi seseorang, unsure utama pola kepribadian adalah konsep diri dan sifat-sifat. Kepribadian dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya, warisan biologis, kondisi fisik, pengaruh keluarga, pengaruh sekolah, dan pengaruh budaya. Kepribadian digolongkan menjadi kepribadian yang sehat dan kepribadian yang tidak sehat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: