TUGAS MAKALAH PPD SIKAP DAN IMPLIKASINYA DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

TUGAS MAKALAH PPD

SIKAP DAN IMPLIKASINYA

DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

Pengampu: DR.H.Y.Padmono,M.Pd.

Disusun Oleh:

Ika Yuliastuti (28/K7109098)

Kelas 1A


PROGRAM S1 PGSD KAMPUS VI KEBUMEN

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA

2009

BAB 1

PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG MASALAH

Dalam kehidupan ini setiap manusia tidak akan pernah lepas dari sikap. Sikap setiap manusia berbeda antara manusia yang satu dengan manusia yang lain. Perbedaan ini dipengaruhi oleh faktor yang mempengharuhi proses pembentukan sikap. Selain itu perkembangan sikap pada seorang manusia bias barpengaruh pada tingkah laku manusia tersebut. Sikap dan implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan sangat menarik untuk dipelajari. Karena tidak semua orang tua memahami tentang sikap dari anak-anaknya,dan lebih sering mengabaikannya,yang menyebabkan anak-anak mereka memiliki sikap yang kurang baik.

Oleh karena itu, dalam makalah ini akan saya bahas mengenai perkembangan sikap manusia dan implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan.

B.RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dalam makalah ini akan di bahas rumusan masalah:

  1. Apakah pengertian sikap?
  2. Apa faktor yang mempengaruhi proses pembentukan dan perubahan sikap?
  3. Apa fungsi dari sumber sikap?
  4. Bagaimana perkembangan implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan?

1

BAB II

PEMBAHASAN

1.Pengertian Sikap

  • Sikap adalah kecenderungan psikologi yang mengevaluasi di ungkapakan oleh entitas tertentu dengan beberapa tingkat disukai atau tidak disukai (Eagly & Chaiken,1951,dalam Drs. Alex Sobur,M.Si,2003: 355)
  • Sikap adalah menguntungkan atau tidak menguntungkan darin reaksi evaluatif untuk menangkal sesuatu atau seseorang, dipamerkan di salah satu keyakinan, perasaan atau perilaku yang dimaksudkan. (Myers,1996,dalam Drs. Alex Sobur,M.Si,2003: 355)
  • Sikap adalah disposisi untuk respen menguntungkan atau tidak menguntungkan untuk benda,orang,lembaga, atau peristiwa. (Azjen,1998,dalam Drs. Alex Sobur,M.Si,2003: 355)

Dari pendapat para ahli di atas dapat diambil kesimpulan mengenai pengertian sikap. Sikap adalah kecenderungan psikologis yang mempunyai objek tertentu (orang, perilaku, konsep, situasi, benda, dsb) dan mengandung penilaian (suka-tidak suka: setuju-tidak setuju).

2

3

2.Faktor Yang Mempengaruhi proses Pembentukan dan Perubahan Sikap

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi proses pembentukan sikap seseorang. Pertama, adanya akumulasi pengalaman dari tipe yang sama. Seseorang mungkin berinteraksi dengan berbagai pihak yang mempunyai sikap yang sama terhadap suatu hal. Kedua, pengamatan terhadap sikap lain yang berbeda. Seseorang dapat menentukan sikap pro atau anti terhadap gejala tertentu. Ketiga, pengalaman (buruk atau baik) yang pernah dialami. Keempat, hasil peniruan terhadap sikap pihak lain (secara sadar atau tidak sadar).

Selain itu, perbedaan sikap pada setiap manusia juga dipengaruhi oleh perubahan sikap manusia itu sendiri. Hal ini sesuai dengan pendapat (Krech,Crutchfield, dan Ballachey,1965:216-225,dalam Drs. Alex Sobur,M,Si,2003: 365) menyatakan bahwa keterubahan suatu sikap bergantung pada karakteristik sistem sikap, kepribadian individu dan afiliasi individu terhadap kelompoknya.

a.Karakteristik system sikap

Karakteristik system sikap meliputi:

  1. Sikap Ekstrem (Ekstremeness)
  2. Multifleksitas  (Multiplexity)
  3. Konsistensi      (Consistency)
  4. Interconnectedness
  5. Konsonan         (Consonance)
  6. Kekuatan dan jumlah keinginan yang menyebabkan munculnya suatu sikap tertentu (Strength and number of wants served by the attitude)
  7. Pemusatan nilai-nilai yang berhubungan dengan sikap yang dimiliki (Centrality of the value to which the attitude is related)

4

b. Kepribadian Individu

Hubungan antara kepribadian seseorang dan perubahan sikap merupakan sesuatu yang kompleks. Hal tersebut dapat dikaji relatif sedikit melalui asapek-aspek kepribadian yang meliputi berikut ini:

  1. Intelligence
  2. General Persuability
  3. Self-Defensiveness
  4. cognitive Needs and Styles

c. Afiliasi Kelompok

Anggota kelompok yang mempunyai penilaian tinggi cenderung tetap berpegang pada norma secara lebih kuat setelah diberi pengarahan,dibandingkan dengan sebelumnya.

3.Fungsi dan Sumber Sikap

Menurut Rita L.Atkinson dan kawan-kawan (dalam Alex Sobur,M,Si,2003: 369) menyebut adanya 5 fungsi sikap yakni:

  1. Fungsi Instrumental
  2. Fungsi Pengetahuan
  3. Fungsi Nilai-Ekspresif
  4. Fungsi Pertahanan Ego
  5. Fungsi Penyesuaian Sosial

5

Sedangkan menurut Calhoun & Acocella,1990:289-290 (dalam Drs. Alex Sobur,M.Si,2003: 370) menyebutkan ada 3 sumber sikap yang utama. Pertama, pengalaman pribadi. Kedua, pemindahan dan yang ketiga adalah pengaruh sosial, dan mungkin akan menjadi sumber utama.

4.Perkembangan Sikap dalam Implikasi Penyelengggaraan pendidikan

Sikap memiliki pengaruh dalam penyelenggaraan pendidikan. Apabila seseorang khususnya anak-anak memiliki sikap yang baik dan guru yang mengajar anak tersebut juga memiliki sikap yang baik maka akan tercipta penyelenggaraan pendidikan yang baik pula. Karena dari sikap yang baik akan muncul tingkah laku yang baik. Misalnya, dalam suatu penyelenggaraan pendidikan, terdapat seorang anak yang memiliki sikap yang baik, menurut dengan orang tuanya dan selalu mengerjakan tugas dari gurunya. Sedangkan gurunya mampu menjelaskan dan menyampaikan pelajaran dengan baik serta dating tepat tepat waktu. Jika itu semua dilakukan maka akan tercipta system pembelajaran yang baik.

BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN

  • Sikap adalah kecenderungan psikologis yang mempunyai objek tertentu (orang, perilaku, konsep, situasi, benda, dsb) dan mengandung penilaian (suka-tidak suka; setuju-tidak setuju).
  • Faktor yang mempengaruhi proses pembentukan sikap
  1. Akumulasi
  2. Pengamatan
  3. Pengalaman
  4. Peniruan
  • Faktor ayng mempengaruhi proses perubahan sikap

v  Karakteristik sistem sikap

v  Kepribadian individu

v  Afiliasi individu

  • Fungsi dan sumber sikap yaitu
  1. Fungsi Instrumental
  2. Fungsi Pengetahuan
  3. Fungsi Nilai-Ekspresif
  4. Fungsi Pertahanan Ego
  5. Fungsi Penyesuaian sosial
  6. Pengalaman Pribadi
  7. Pemindahan
  8. Pengaruh sosial

6

7

DAFTAR PUSTAKA

Sobur,Alex.2003.PSIKOLOGI UMUM.Bandung: Pustaka Setia

Satu Tanggapan

  1. terima kasih sudah post ini.. ini membantu saya untuk .. mengetahui dasar dr makna implikasi untuk pendidikan… untuk ilmu yg; lainnya mohon di share kembali saya tunggu salam hangat pertiwi : tiwichy@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: